Tips Membeli Rumah Baru

Membeli rumah merupakan suatu proses keputusan transaksi yang memerlukan keseriusan dan ketelitian sebelum transaksi. Pembatalan sepihak yand disebabkan oleh keputusan transaksi yang terburu-buru akan mengakibatkan kerugian dipihak konsumen sendiri. Kerugian konsumen jika mengundurkan diri biasanya akan berimbas pada hangusnya uang booking fee, atau pemotongan sebagian uang muka yang sudah terlanjur dibayarkan kepada developer. Untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut maka dibawah ini ada beberapa tips membeli rumah yang dapat anda manfaatkan.

1. Kejelasan Informasi Harga pada spanduk. Sering kali pengembang akan menampilkan harga rumah dengan harga pokoknya saja untuk menunjukkan harganya rendah. Anda harus jeli dan teliti komponen biaya-biayanya. Komponen biaya yang biasanya melekat pada proses transaksi jual beli rumah antara lain PPN, BPHTB, AJB, biaya pemecahan dan balik nama Sertipikat. Adapun biaya lainnya terkait permohonan KPR antara lain provisi, administrasi Bank, Asuransi Jiwa, Asuransi Kebakaran, biaya SKMHT, biaya APHT dan biaya-biaya lainnya yang terkait Notaris.

2. Kejelasan status Sertipikat: Kepastian tentang status Sertipikat Tanah apakah masih induk atau sudah pecah akan sangat menentukan kelancaran proses KPR anda ke Bank. Jika sertipikat Tanah masih induk, biasanya memerlukan waktu proses kpr yang lebih lama dibandingkan dengan Developer yang memiliki Sertipikat sudah pecah. Sertipikat tanah yang sudah pecah akan lebih mudah mendapatkan kredit dari bank manapun meskipun belum ada perjanjian kerja sama dengan developer. Dengan Sertipikat yang sudah pecah, maka anda akan mendapatkan kepastian hak kepemilikan tanah dan bangunan yang anda beli.

3. Kejelasan Status IMB:  Sama halnya dengan Sertipikat, IMB juga merupakan dokumen penting yang harus dimilki oleh developer sebelum membangun rumah-rumah yang dijual. Ketiadaan Surat Ijin membangun ini akan dapat menyebabkan rumah yang anda beli dibongkar oleh aparat pemerintah. Untuk IMB inipun sebaiknya anda pastikan IMB yang sudah pecah per rumah/kavling. Untuk memastikan IMB perumahan sudah ada atau sudah diproses oleh developer, maka yang perlu anda dipastikan adalah apakah site plan sudah ada atau sudah disetujui oleh pemda setempat.

4. Fasilitas Perumahan yang disediakan. Perumahan yang memiliki lebih banyak fasilitas, akan sangat berpengaruh terhadap meningkatnya nilai investasi anda selain dari manfaat yang anda dapatkan dari fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh developer. Perumahan dengan miskin fasilitas akan menyebabkan lambatnya nilai investasi anda.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Cari Rumah Dijual

perumahan di depok

Alternatif perumahan di depok klik disini

Post Tagged with